English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cara Backup Contact di BlackBerry Messenger

Posted by mezzoe blog on Tuesday, June 29, 2010 0 komentar

Blackberry Apakah kamu pengguna Blackberry ? Dan berencana akan ganti handset kamu dgn seri yg terbaru? Apakah kamu merasa takut dan masih menganggap ganti handset BB itu ribet karena harus ganti PIN, kehilangan data contact, dan harus input ulang contact BBM kamu satu-persatu? Jika jawabannya “Ya” takut dan menganggap ribet, kamu keliru. Karena ganti handset Blackberry ternyata sangat mudah, semudah kalau kamu ganti handset ponsel biasa. Karena semua contact BBM bisa direstore otomatis dari gadget Blackberry Anda. Hebatnya lagi, tanpa bantuan perangkat apapun seperti komputer misalnya tapi bisa langsung restore memanggil data yg tersimpan di RIM, vendor Blackberry.


Namun syaratnya dgn catatan sebelumnya kamu memang sudah melakukan backup data contact BBM kamu ke accout email kamu ke RIM lewat gadget Anda. Atau sebelumnya telah melakukan backup data ke Memory Card BB kamu lebih dulu.

Gimana cara membackup data contact BBM Blackberry Anda? Caranya sangat mudah, jika versi BBM kamu sudah versi 5.0.0.57 (versi terbaru saat saya posting ini) maka kamu tinggal ikuti instruksi pesan yg biasanya dikirim oleh RIM ke chat BBM kamu sewaktu habis upgrade dari versi BBM 4 ke versi 5. kamu tinggal ikuti wizard setup yg diberikan, dan data contact kamu akan aman tersimpan di RIM sampai saatnya nanti bisa kamu panggil sewaktu-waktu lewat email yg kamu daftarkan ke RIM.

Tips Membackup Contact Blackberry Messenger ini saya tujukan bagi yg awam atau belum tahu saja. Bagi yg sudah tahu kamu bisa melewatkan baca postingan ini. Okey, langsung saja, berikut ini adalah langkah-langkah membackup contact BBM Anda:

1. Buka aplikasi Blackberry Messenger (BBM) Anda.
2. Setelah aplikasi terbuka tekan Menu kemudian pilih Options
3. Pada jendela Options yg sudah terbuka, pada Contact List di menu Save a copy of your contact list silahkan tekan Back Up
4. Ada dua pilihan untuk Back Up Contact List. Pilih salah satu. yg pertama, Back up files remotely (ini kalau ingin memback up ke server RIM), pilihan ini dianjurkan kalau kamu berniat ingin ganti handset. Dan pilihan yg kedua Back up files locally (kalau ini ingin memback up langsung ke Device atau Media Card). Kalau hanya berniat upgrade bisa pilih salah satu dari keduanya, tapi kalau berniat ganti handset, pilih yg ke Memory Card kemudian tekan Back Up Now.


Gimana cara merestore kembali? Jika kamu hanya upgrade software maka langkah-langkahnya seperti langkah diatas. Hanya pada langkah nomor 3, pada Contact List di menu Restore a previously saved copy of your contact list kamu pilih atau tekan Restore. Kemudian muncul dua pilihan: Restore using email dan Restore using a backup file from device. Pilih salah satu sesuai langkah awal kamu tadi memback up di atas.

Khusus yg memback up lewat email ke RIM biasanya akan langsung muncul sendiri wizard setup-nya saat kamu pertama kali mereboot BB kamu sehabis upgrade atau saat ganti handset baru. Hebatnya, pada kasus bila kamu ganti handset baru, yg mana PIN BB kamu juga ikut berubah, jika restore kamu berhasil maka list contact BBM kamu akan tercopi dan muncul sama persis seperti saat pada contact handset lama. Dan teman-teman BBM kamu tidak akan terpengaruh sama sekali atas perubahan ini. Nomor PIN Blackberry kamu di contact list teman kamu akan update, berubah dgn sendirinya secara diam-diam tanpa perlu saling menginvite ulang lagi. Ini hebatnya.

Demikian Tips dari saya kali ini. Mudah-mudahan tips ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau ada yg belum jelas, kamu bisa tinggalkan pesan di kolom komentar di bawah posting ini, terima kasih.diptara

sumber : SMB

If you find this article useful, please feel free to link to this page from your website or blog.




Widget by BloggerTipAndTrick



0 Responses so far:

Leave a Reply