English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Membuat Screenshot Video DVD

Posted by mezz on Monday, March 08, 2010 0 komentar

Graphics Card. Screenshot berguna jika anda mempunyai moment tersendiri dengan video yang sedang anda putar. Video tersebut mungkin video ulang tahun, pernikahan anda atau video lain yang kebetulan moment-moment indah yang tidak meninggalkan kenangan berupa foto-foto anda, atau malah raib entah kemana. Dengan membuat screenshot tersebut, anda bisa mengabadikan kenangan menjadi sebuah gambar atau foto yang bisa anda tampilkan pada desktop atau disimpan di folder foto pribadi anda. Nah, bagaimana cara mengambil screenshot dari video yang sedang ditampilkan? Software pemutar film akan menyesuaikan dengan graphics card (bekerja pada Overlay Mode) yang lama.

Kalkulasi yang terakhir dilakukan langsung oleh graphics chip, dan dikirim ke layar tanpa melalui Frame-Buffer. Jadi saat menyimpan gambar ke dalam clipboard (dengan cara menekan tombol [Print Screen]), processor menyimpan isi clipboard, sehingga yang ditangkap hanyalah gambar kosong (berlatar hitam) saja. Untuk menangkap gambar dari tayangan film, anda bisa memakai aplikasi pihak ketiga atau aplikasi lain yang bisa anda unduh di Internet. Disini anda bisa memakai aplikasi software khusus seperti Hypersnap. Namun, software multimedia player seperti Windows Media Player 10, sudah mengunakan Video Mixing Renderer” (VMR) yang merupakan komponen DirectShow untuk memperbaiki tampilan data video. Komponen ini akan menyimpan gambar ke dalam Frame-Buffer sehingga processor pun dapat mengambil gambar tersebut. Konfigurasinya dapat diubah dalam menu software DVD Player yang digunakan. Pada Windows Media Player adalah “Video Acceleration Settings” yang bisa dijangkau melalui menu “Tools > Options > Peformance”, kemudian, nonaktifkan pilihan “Use Overlays” dan aktifkan option “Use Quality Mode”.

Anda tekan Apply lalu OK. Sekarang coba anda screenshot kembali dari video atau film yang anda putar pada Windows Media Player.

If you find this article useful, please feel free to link to this page from your website or blog.




Widget by BloggerTipAndTrick



0 Responses so far:

Leave a Reply